Pemerintah Targetkan Tahun 2025 Semua Bidang Tanah Terdaftar

SUPERPRO.ID – Dalam kurun waktu enam tahun mendatang pemerintah berencana merampungkan semua proses pendataan lahan milik masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi persoalan dan sengketa lahan yang sering kali dihadapi masyarakat dengan pihak-pihak tertentu.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil mengatakan, jika ia mengharapkan semua bidang tanah di Indonesia bisa terdaftar pada tahun 2025.

“Pemerintah selama ini telah melakukan program reforma agrarian agar mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, hingga pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan aset tanah.” Jelas Sofyan.

Program reforma agraria ini juga dilakukan dalam rangka memperkuat hak masyarakat atas tanah atau hutan adat.

Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), diharapkan permasalahan yang sering kali timbul dalam proses reforma agrarian dapat diminimalisir.

Disamping itu, agar meningkatkan kualitas rencana tata ruang dan penataan kembali struktur penguasaan tanah yang berkeadilan, pemerintah pun telah meluncurkan Sistem Informasi Geografis Tata Ruang (GISTARU).

Sistem ini membantu setiap orang untuk dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional maupun yang berlaku pada setiap daerah.

Sofyan mengatakan dengan adanya akses untuk dokumen rencana tata ruang, diharapkan masyarakat akan meningkat dan selanjutnya dapat berperan aktif dalam proses penyusunan rencana tata ruang dan pengawasan implementasinya.

Ia juga menambahkan, penerapan layanan terintegrasi ke dalam Online Single Submission (OSS) sudah mulai untuk layanan izin lokasi, pertimbangan teknis pertahanan, informasi rencana detail mengenai tata ruang, dan pengaturan zonasi.

Ia pun berharap jika nantinya layanan ini bisa dilakukan secara elektronik.

Sumber:  properti.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda mau ikutan jualan properti di SuperPro.id dan mendapatkan
beragam keuntungan?

YUK, DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA!

membership